Yamaha Lexi 125 cc : Si bongsor Paket Hemat

Yamaha Lexi 125 cc

Yamaha Lexi 125 cc

Sekilas Yamaha Lexi

Yamaha Lexi 125 cc VVA disebut-sebut sebagai Yamaha Nmax paket hemat. Pabrikan garputala memang mematok harga lebih murah, sekitar Rp 20 jutaan. Meski demikian, Lexi punya banyak kelebihan layaknya sang kakak. Sebutlah bodi yang bongsor, handlebar tinggi nan lebar serta pijakan kaki agak menjorok ke depan. Semua itu menjadikan posisi berkendaranya rileks.

Bahkan di beberapa sisi, Lexi 125 VVA lebih unggul dari Nmax. Fiturnya berlimpah: stop & start system (SSS), hazard, panel instrumen digital, lampu depan LED, power charger, keyless dan suspensi belakang jenis tabung. Dua fitur terakhir cuma ada di varian S atau tertinggi. Deknya juga datar, sehingga bisa dipakai meletakkan berbagai barang bawaan.
Soal mesin, kapasitas skutik anyar ini memang lebih kecil. Jantung mekanisnya cuma 125 cc. Walau begitu teknologi yang tersemat di dalamnya sama dengan Nmax, sudah dilengkapi variable valve actuation (VVA). Mesinnya sanggup memuntahkan torsi puncak 11,3 Nm pada 7.000 rpm dan tenaga maksimal 11,89 PS pada 8.000 rpm. Performa ini di atas kertas sukses mengalahkan kemampuan depot daya kompetitor, Honda Vario 125.

Kekurangan Yamaha Lexi 125

Toh tak ada gading yang tak retak. Lexi 125 VVA yang menggunakan platform Aerox, juga punya kekurangan. Joknya tinggi, memaksa pemilik postur badan 170 cm terpaksa jinjit saat menungganginya. Kapasitas bagasinya juga tidak sebesar bodi bongsornya, hanya 12,8 liter. Tangki bensinnya pun kecil cuma sanggup memuat 4,2 liter, persis Mio, Fino, X-Ride dan motor 125 cc Yamaha lain.

 Lexi 125 cc

Yamaha Lexi dihadirkan dalam dua varian yaitu Standar dan Lexi S. Harganya masing-masing Rp 19,95 juta dan Rp 22 ,8 juta (OTR Jabodetabek). Seperti diberitakan sebelumnya, Lexi memiliki mesin 125 cc dengan imbuhan teknologi VVA plus Bluecore, dan memiliki banderol tidak lebih dari Rp 20 juta. Mesinnya berkapasitas 124,7cc, dengan tenaga maksimum 11,89 ps.

Yang menarik, untuk pertama kalinya ada Yamaha dengan mesin 125 cc dilengkapi VVA. Selain itu, Lexi juga punya kemampuan Idling Start Stop untuk menghemat BBM, untuk semua tipe. Ada juga lampu depan yang sudah LED, speedometer digital, hingga shock belakang model tabung (untuk tipe S).

Yamaha Lexi

Fitur Yamaha Lexi 125 cc

Keunggulan Lexi 125 VVA ada di fiturnya yang lumayan komplit. Yamaha memberinya fitur segudang yang bahkan lebih banyak dari Nmax. Sebut saja stop & start system (SSS), hazard, panel instrumen digital, lampu depan LED, power charger, keyless dan suspensi belakang jenis tabung. Hanya saja dua fitur terakhir, khusus disediakan untuk varian S.

Yamaha Lexi 125

Sebagai skutik bongsor, Lexi juga punya kekurangan. Ternyata bagasi di bawah joknya cuma sanggup memuat kapasitas 12,8 liter. Kemampuan ini bahkan tidak lebih baik dari skutik Yamaha lain yang bodinya lebih kecil, Soul GT. Kompartemen depannya pun sempit, tidak bisa memuat botol minum.

Desain Yamaha Lexi 125 cc

Skutik ini tersedia dalam enam pilihan warna, terbagi dua varian. Lexi 125 VVA varian standar: red, matte grey dan white. Varian S: bronze, matte grey dan matte blue. Semua opsi mempunyai tema elegan layaknya produk Maxi Yamaha lain.

Lampu Belakang
Lampu Belakang Yamaha Lexi

Tubuh bongsor Lexi memiliki dimensi panjang 1.970 mm, lebar 720 mm, tinggi 1.135 mm dan jarak sumbu rodanya 1.350 mm. Ground clearance Lexi cukup tinggi, 133 mm, maka bodi bawahnya tidak mudah mentok saat melewati berbagai medan jalan. Kaki-kakinya juga besar dan kekar, ukuran 90/90-14 inci di depan serta 100/90-14 inci di belakang. Kedua ban itu sudah tubeless.

Kekurangannya, tinggi jok mencapai 785 mm. Lebih tinggi dari skutik-skutik Yamaha lain yang diklaim nyaman untuk perempuan: Fino (745 mm), Mio S (750 mm). Bahkan jok Lexi ini lebih tinggi dari Nmax 765 mm. Efeknya, kaki pengendara dengan postur 170 cm harus jinjit saat menungganginya.

Posisi Lexi yang merupakan entry level Yamaha Maxi, diharapkan mereka yang menggunakan skuter semacam Mio atau Honda Beat, bisa berpindah ke keluarga Yamaha Maxi melalui Lexi, kalau NMax dirasa terlalu mahal. Sayang, fleksibilitasnya tidak setinggi Nmax. Bagasi tidak muat helm, tapi dek mampu menampung botol air galon.
Kalau anda ingin melihat spesifikasi lengkap, diskon harga, sekedar bertanya-tanya dulu atau bahkan ingin berkonsultasi mana yang terbaik untuk anda, silahkan datang ke tempat kami. Kami akan layani dengan sepenuh hati.

review selengkapnya ada di oto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *